Kisah Alan Turing, Sang Pencipta Awal Komputer Yang Terlupakan

alan turing

Anda sudah nonton film The Imitation Game? Jika belum, Anda wajib menontonnya, karena film ini diangkat dari kisah nyata dari pencipta awal komputer yang belum banyak diketahui orang-orang. Film ini pun meraih penghargaan lima penghargaan Oscar tahun 2015.

Tapi, kali ini kami tidak akan membahas tentang filmnya. Namun sosok yang menginspirasi pembuatan film ini. Dia adalah Alan Turing, yang namanya belum sepopuler Bill Gates, tapi dia adalah penemu yang berjasa sehingga kita bisa merasakan kecanggihan dari komputer seperti saat ini.

Alan Turing atau yang memiliki nama lengkap Alan Mathison Turing adalah seorang yang jenius, dia adalah seorang pandai matematika, logikawan, kriptanalist, dan ilmuwan komputer yang berasal dari Inggris. Turing dikenal luas sebagai bapak dari ilmu komputer dan kecerdasan buatan.

Namun jasa besarnya tak semulus perjalanan hidupnya dalam menemukan teknologi komputer pertama kali. Turing dahulu bekerja sebagai pemecah kode di Government Code and Chyper School (GCCS) di Bletchley Park, Inggris selama Perang Dunia II.

Selama bekerja, dia menajabat sebagai kepala dari Hut 8, yang bertanggungjawab atas cryptanalysis angkatan laut Jerman. Sehari-harinya, Ia merancang sejumlah teknik untuk memecahkan kode rahasia pasukan Jerman.

Pria kelahiran London, 23 Juni 1912 ini merupakan mahasiswa terbaik dalam matematika pada tahun 1935 di Universitas Cambridge, King’s College. Dia berhasil menciptakan karya yang terkenal dalam ilmu logika matematika yang bernama “On Computable Numbers, with an Application to the Entscheidungsproblem” (Turing 1936-7). Ia pun berhasil menciptakan mesin turing.

Seumur hidupnya, Turing selalu bergelut dengan matematika dimana biasanya orang-orang apalagi pada zaman sekarang sangat menghindari ilmu yang satu ini. Peranan pentingnya pada saat ia lulus dan bekerja di GCCS, dimana ia berhasil menguraikan enkripsi pesan melalui mesin Enigma Jerman. Dimana mesin ini menyediakan data intelijen penting bagi sekutu. Bombe pun diciptakannya bersama tim yang akhirnya berhasil menerjemahkan pesan Jerman saat masih dikuasai oleh Nazi.

Turing berjasa besar karena peperangan Inggris dengan Jerman yang berhasil dimenangkan oleh Inggris.. Pada tahun 1949, ia hijrah ke Manchester University, di situ ia memimpin sebagai kepala  laboratorium komputasi dan mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan. Pada tahun 1951, Turing dipilih sebagai salah satu anggota dari Royal Society.

Namun karena kelainan seksual yang dijalaninya, Ia harus ditangkap dan diadili oleh pemerintahan Inggris. Saat itu, pemerintah menangkapnya karena perilaku homoseksual Turing. Saat itu gay dianggap sebagai sebuah resiko keamanan yang memicu pemerasan di Inggris. Ia menerima suntikan estrogen untuk menetralkan libidonya. Namun sayang akibatnya ia menderita impotensi dan gynecomastia.. Ia pun tidak bisa bekerja lagi di GCHQ, yang merupakan penerus dari Bletchey Park.

Tragis, orang yang berjasa ini akhirnya harus ditemukan bunuh diri setelah memakan apel yang mengandung racun. Turing meninggal pada 8 Juni 1954 setelah meninggalkan berbagai penemuan yang sangat berjasa seperti Halting Problem, Turing Machine, Cryptanaysis of the Enigma, dan Automatic Computing Engine ( ACE ).

Namun akhirnya Ratu Elizabeth II, memulihkan nama Turing setelah 60 tahun kematiannya. Ratu Inggris memaafkan kesalahan Turing karena penemuannya yang begitu berjasa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s